Berikut Ini Penyebab Siklus Menstruasi Yang Tidak Teratur

5 Fakta Penting Siklus Menstruasi, Pengaruhi Kesehatan Organ Intim


Menstruasi merupakan proses meluruhnya dinding rahim yang berguna untuk membersihkan rahim dari pembuluh darah, kelenjar dan juga sel-sel yang keluar dalam bentuk darah karena tidak adanya pembuahan. Pada umumnya, menstruasi terjadi setiap 28 hari sekali. Dan juga ada wanita yang memiliki siklus menstruasi dengan rentang waktu antara 21-25 hari, ini merupakan masih masuk ke dalam kategori normal. Selain itu, ada juga beberapa wanita yang mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur yang misalnya kurang dari v21 hari atau lebih 3 hari. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti stres, dan lain-lainnya. Untuk itu, pada ulasan kali ini akan memberikan penjelasan tentang penyebab siklus menstruasi yang tidak teratur :

1. Sedang Stres

Salah satu penyebab siklus menstruasi yang tidak teratur adalah beban pikiran yang berat, tentunya hal tersebut dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Ketika anda sedang dalam keadaan stres atau depresi, pada bagian otak yang mengatur hormon siklus menstruasi tentunya akan terpengaruh. Dengan begitu, jika anda mengalami stres hormon pengatur jadi tidak seimbang dan menstruasi pun menjadi tidak teratur.

2. Mengalami Perubahan Berat Badan

Masalah lainnya yang bisa menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur yaitu mengalami perubahan berat badan, dengan naik atau turunnya berat badan secara drastis dapat menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur. Biasanya, siklus menstruasi yang tidak teratur terjadi pada seseorang yang sedang mengalami gangguan pola makan. Sehingga, perubahan berat badan ekstrem ini berkurang atau justru bertambah banyak yang bisa mengganggu kerja hormon reproduksi dalam tubuh. Sebagai contohnya, penurunan berat badan yang drastis akan menyulitkan tubuh untuk memproduksi hormon estrogen yang cukup dan berguna dalam proses ovulasi. Sementara itu, untuk penambahan berat badan akan berakibat pada melonjaknya kadar estrogen yang berpengaruh pada siklus menstruasi anda.

3. Alat Kontrasepsi

Bagi anda yang menggunakan pil kontrasepsi dalam dosis rendah, memang tidak terlalu mempengaruhi siklus menstruasi. Tetapi, alat kontrasepsi seperti spiral dan suntik KB biasanya bisa menyebabkan seseorang telat datang haid. Bahkan juga alat kontrasepsi seperti spiral, juga bisa menyebabkan darah keluar lebih banyak dari biasanya saat haid.

4. Hormon Yang Tidak Seimbang

Hormon yang tidak seimbang merupakan salah satu penyebab utama siklus menstruasi yang tidak teratur, ketidak seimbangan hormon pun bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti kelelahan atau stres. Sehingga ketika terjadi gangguan pada hormon di dalam tubuh, maka siklus menstruasi pun ikut terganggu.

5. Olahraga Berlebih

Meskipun olahraga wajib dan baik untuk dilakukan, tetapi juga tidak dilakukan jika olahraga tersebut berlebihan. Saat melakukan olahraga berlebih, biasanya tubuh akan menghasilkan hormon-hormon yang berlawanan dengan hormon tersebut yaitu estrogen.

6. Pertanda Ada Penyakit Serius

Siklus menstruasi yang tidak teratur bisa juga pertanda jika anda mengidap penyakit yang serius, salah satunya adalah ovarium polikistik. Yang dimana hal tersebut ditandai dengan timbulnya kista kecil dalam indung telur, yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon.

7. Gaya Hidup Yang Kurang Sehat

Mempunyai gaya hidup yang kurang sehat seperti merokok dan sering mengkonsumsi alkohol, dapat mengganggu kesehatan dan juga dapat menyebabkan siklus menstruasi anda terganggu dan juga bisa tidak stabil.

Itulah penjelasan tentang  terjadinya siklus menstruasi yang tidak teratur,  jika anda mengalami hal tersebut segeralah perikasakan dirimu ke dokter.

Leave a Comment