´╗┐Checklist 7 Poin Website Parenting di Indonesia Berbobot

5 Website Ini Bisa Membantumu Berjuang Meraih Beasiswa


Bicara soal website parenting di Indonesia, pasti orang tua milenial sudah semakin maju pemikirannya dan terbuka terhadap ilmu baru yang dikemas dalam website. Ya, banyak orang tua masa kini yang sangat selektif dalam memilah website terbaik. Jadi, antara fakta, mitos dan hoax benar-benar bisa dipilah secara maksimal. 

Lalu, apa saja hal-hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih website parenting di Indonesia yang berkualitas? Setidaknya 7 poin ini perlu diperhatikan untuk memastikan bahwa website yang diakses benar-benar berbobot. 

  • Membuat Konten Ilmiah

Konten ilmiah yang bukan mitos adalah salah satu indikator suatu website yang dikelola secara profesional. Bukan hanya di bidang parenting, tetapi semua jenis website tentu memiliki konten yang bervariasi. Namun, jangan sampai Anda membaca konten yang sifatnya tidak atau kurang ilmiah. Oleh karena itu, baca dulu sekilas tentang artikel-artikel yang ada, baru lanjutkan menjadi supscriber

  • Tidak Merendahkan Satu Pihak

Heterogenitas merupakan sebuah fakta di Indonesia ini. Perbedaan budaya dan ras serta kepercayaan membuat banyak orang harus menjadi toleran terhadap perbedaan. Misalnya saja pendapat soal pola pengasuhan, ide dan inovasi terkait pembelajaran anak. Dalam hal ini website yang berbobot justru akan menjembatani perbedaan tersebut dan bukan malah merendahkan. 

  • Mempunyai Bahasan yang Kompleks

Bahasan yang kompleks dan bersifat mengedukasi adalah salah satu hal yang penting dimiliki sebuah website. Bagaimana tidak, jika bahasannya monoton dan kurang update, tentunya sangat membosankan dan tidak relevan dengan kehidupan orangtua milenial yang dinamis. 

  • Setiap Bahasan Tidak Ada yang Berseberangan

Jika ada bahasan yang berseberangan antara satu materi dengan materi lainnya, mak bisa dikatakan bahwa website tersebut kurang berbobot. Karena setiap konten yang dimuat seharusnya memiliki banyak manfaat dan berhubungan, bahkan saling mendukung satu sama lain. 

  • Objektif

Salah satu indikator yang lain dan sangat penting bagis ebuah website adalah objektifitas. Jika Anda membuka website yang isinya tentang salah satu sudut pandang saja, tentu hal ini kurang relevan untuk diterapkan secara umum. Tentunya, hal ini berbeda dengan jika kasus tersebut memang layak untuk diangkat karena berpotensi menjadi masalah bagi lebih banyak orang. Misalnya soal baby blues, KDRT dan lainnya. 

  • Terbuka dengan Saran dari Pembaca

Bukan hanya penulis konten dan pengelolanya saja yang menghidupkan sebuah website. Tetapi juga pembaca yang selalu kritis dalam menanggapi sebuah topik. Jika suatu website mampu memberikan pemahaman yang jelas dan menanggapi pembaca, maka tentu situs tersebut memiliki bobot yang lebih dibanding apabila pertanyaan tidak dijawab secara layak. 

  • Memiliki Forum Diskusi

Keunggulan dari website yang memiliki komunitas atau forum diskusi adalah lebih hidup dan homey bagi para pembaca atau visitor. Ya, jika website yang Anda akses memiliki komunitas yang dikelola oleh pihak website dan didukung para ahli di bidangnya, maka website tersebut memang kompeten dalam mengatasi berbagai masalah dan bisa menjadi tempat berbagi ilmu serta cerita bagi para anggotanya. 

Dari ketujuh poin di atas, sebaiknya cek lagi apakah suatu website parenting di Indonesia yang diakses telah memilikinya secara paripurna. Jika ya, maka website itu tentu dapat dikatakan sebagai situs informatif yang berbobot dan layak untuk dijadikan acuan dalam menimba ilmu seputar parenting. Namun, jika tidak maka pertimbangkan kembali apakah Anda benar-benar membutuhkan website tersebut. 

Leave a Comment