Fakta-fakta Mengenai Vaksin Astrazeneca

Picu Sebuah Penyakit, Vaksin COVID-19 AstraZeneca Ditangguhkan


Di tengan pandemi corona yang sedang melanda negeri ini, aktivitas memang menjadi sangat terhambat karena memang aktivitas di luar rumah terutama yang berkerumun harus sangat dibatasi untuk tujuan pencegahan penularan yang penularan utamanya berasal dari droplet. Selain aktivitas yang terhambat perekonomian dan faktor lain juga terhambat dan masih banyak faktor lain yang berubah setelah adanya pandemi corona ini. Harapan yang paling tinggi saat ini adalah harapan terhadap produksi vaksin untuk mencegah pertumbuhan virus ini. Vaksin merupakan tindakan pencegahan agar virus yang masuk ke dalam tubuh mampu dengan ampuh dibunuh sebelum bertumbuh dan memperbanyak diri dalam tubuh. Vaksin berbeda dengan obat yang bersifat menyembuhkan, vaksin tak menghilangkan atau menyembuhkan gejala yang timbul pada tubuh akibat adanya virus di dalam tubuh, vaksin hanya menstimulasi atau bersifat sebagai antibodi tubuh yang menghancurkan virus, namun vaksin adalah satu-satunya tindakan yang paling berpengaruh dalam mencegah pertumbuhan dan penyebaran virus.

Organisasi-organisasi dan lembaga kesehatan di seluruh dunia saat ini sedang gencar-gencarnya merancang antivirus atau vaksin dalam upaya menghentikan penyebaran virus ini, walau tahapannya rumit karena harus melalui serangkaian tahap uji coba namun usaha ini banyak dilakukan di seluruh penjuru dunia. Salah satu lembaga kesehatan yang berfokus meneliti dan menemukan vaksin corona adalah Oxford. Lembaga yang terletak di Inggris ini tengah meneliti vaksin temuannya yang disebut vaksin antrazeneca. Berikut fakta-fakta yang terkumpul mengenai vaksin antrazeneca yang harus kamu ketahui.

  • Merupakan hasil kolaborasi dengan Oxford University

Vaksin ini merupakan vaksin yang berasal dari hasil kolaborasi dengan Oxford University dan kini sudah dalam tahap uji pra klinis dan klinis untuk mengetahui keamanan dan efek yang diinginkan maupun yang tak diinginkan dari vaksin tersebut. Dalam pengujian iniakan dilihat keamanan vaksin terhadap subyek uji sehingga nantinya dapat dipastikan aman untuk diedarkan.

  • Penelitiannya dihentikan sementara

Dalam proses pengujiannya sangat disayangkan proses uji dari vaksin ini harus tertunda karena beberapa hal. Diketahui dari berbagai sumber bahwa vaksin ini masih diduga memiliki efek samping yang tidak diinginkan sehingga penelitian terhadap subjek uji dihentikan sementara

  • Persentase subjek uji yang mengalami efek samping cukup tinggi

Diketahui vaksin ini mengakibatkan 60% subjek uji mengalami efek samping yang tidak diinginkan seperti demam, nyeri otot, sakit kepala, walaupun efek sampingnya mereda selama jangka waktu penelitian.

  • Sudah mencapai uji coba tahap ketiga pada manusia

Dalam pengujian klinis vaksin, terdiri dari beberapa tahap yang dibedakan berdasarkan jumlah subjek uji yang dilakukan pada manusia, dalam hal ini vaksin antrazeneca – oxford ini sudah memasuki tahap III yang menggunakan subjek uji dengan skala besar.

  • Penghentian uji coba atas keputusan pihak vaksin antrazeneca itu sendiri

Pihak vaksin antrazeneca dengan sukarela menghentikan proses uji coba vaksin ini, karena keamanan yang sangat diutamakan dari rangkaian proses uji coba vaksin, kecepatan memang hal yang mesti dipertimbangkan dalam proses penelitian vaksin mengingat kondisi darurat yang terjadi di seluruh dunia, namun keamanan merupakan hal yang paling utama sehingga keputusan ini harus diambil. Namun tidak usah khawatir dan kecewa karena penghentian ini bersifat sementara dan tidak akan berlangsung lama.

Memilih Tempat Vaksin Astrazeneca

Bagi anda yang sedang mencari vaksin astrazeneca, anda bisa mencari di halodoc. Dapatkan vaksin ini secara mudah, cukup dengan mengunjungi situs atau aplikasi halodoc dan dapatkan manfaatnya.

Itu dia beberapa fakta mengenai vaksin yang perlu diketahui. Mari kita berdoa dengan penuh harap agar segera ditemukan dan diproduksi dengan skala besar vaksin yang memiliki keamanan tinggi.

Leave a Comment