5 tips saat menerima dan membuka paket dari belanja online

berbelanja online

Semenjak pandemi virus corona ini menjadikan kebiasaan belanja masyarakat menjadi berubah. Masyarakat lebih memilih belanja secara online karena anjuran pemerintah untuk tetap berdiam diri didalam rumah saat pandemic ini berlangsung. Tentunya, belanja online ini adalah pilihan terbaik dalam kondisi saat ini, dengan bermodalkan aplikasi belanja online di smartphone anda bisa membeli kebutuhan sehari-hari tentunya dengan pembayaran mobile banking ataupun pembayaran elektronik.

Bahan makanan hingga peralatan rumah tangga tersedia di toko online tersebut. Akan tetapi masalah tetap ada ketika berbelanja online, yaitu kebersihan dan sterilnya paket yang dikirimkan. Tentunya paket-paket tersebut sebelum tiba di depan pintu rumah anda sudah terlebih dahulu disentuh oleh banyak orang bukan? Sebuah studi dari New England Journal of Medicine atau biasa dikenal dengan (NEJM), virus corona bisa bertahan 24 jam di permukaan kardus dan juga bisa bertahan selama 2 hingga 3 hari diatas permukaan plastic atau stainless steel. Maka dari itu sebaiknya anda tetap berhati-hati saat menerima paket dari kurir yang membawa belanjaan online anda.

Dibawah ini kami akan memberikan 5 tips saat menerima dan membuka paket susu l men dari belanja online.

  1. Lakukan Contactless Delivery

Yang dimaksud contactless delivery adalah menerima paket tanpa kontak langsung dengan kurir tersebut. Ini merupakan salah satu cara agar keamanan anda dan pengirim paket tetap terjaga, tentunya hal ini dilakukan untuk menimalisir tertularnya virus corona. Terlebih lagi para petugas pengirim paket ini biasanya melakukan interaksi dengan banyak orang dalam sehari. Jika anda bingung bagaimana cara melakukan contactless delivery, anda bisa meminta petugas kurir agar menaruh paket anda di depan pagar rumah, bisa juga untuk meminta paket tersebut dibungkus plastik dan digantungkan di pagar. Jangan lupa untuk berkordinasi terlebih dahulu dengan petugas pengirim paket.

  • Membuka Paket Diluar Rumah
    Setelah anda melakukan cara diatas, sebaiknya anda membuka paket tersebut diluar rumah. Cara ini dilakukan agar kondisi dirumah anda tetap terjaga dari virus corona. Dan juga, saat membuka paket tersebut ada baiknya menggunakan sarung tangan agar meminimalisir terpapar virus corona.
  • Buang Sampah Bungkus Paket
    Jika anda telah membuka dan mengambil isi paket dari belanjaan anda, alangkah baiknya membuang bungkus sampah tersebut ke tempat yang aman. Maksud dari tempat yang aman ini yaitu seperti tempat sampah yang berada di luar rumah. Cara ini dilakukan agar anggota keluarga di rumah lebih aman dari terpaparnya virus.
  • Semprotkan Paket Menggunakan Disinfektan
    Setelah membuka semua bungkus dan mengambil isi paket, anda bisa menyemprotkan cairan disinfektan kepada barang tersebut. Tentunya hal ini dilakukan kepada barang yang bukan makanan. Jika paket tersebut merupakan makanan, anda bisa mencuci nya dengan air bersih dan sabun pencuci piring yang aman untuk makanan dan buah.
  • Cuci Tangan Segera Setelah Membuka Paket
    Anjuran dari WHO agar mencuci tangan setidaknya selama 20 detik dibawah air yang mengalir. Terlebih lagi ketika anda usai membuka paket dari luar rumah. Pastikan anda tidak menyentuh benda apapun didalam rumah dan tiSdak memegang bagian wajah sebelum mencuci tangan anda dengan sabun. Cara ini merupakan langkah yang sangat direkomendasikan untuk menghindari virus corona.

Seperti itulah 5 tips saat belanja online di tengah pandemic corona ini, agar tetap safety dan aman lakukan lah tips- tips diatas. Semoga sehat selalu ya!

Leave a Comment