Bantu Anak Belajar Progresif Dari usia Dini

Belajar Progresif dapat dibentuk dengan dukungan penuh dari orang tua dan kondisi lingkungan yang baik. Orang tua harus bersabar dan memberikan waktu bagi si kecil untuk berpetualang mencari hal-hal baru sehingga nantinya ia dapat memisahkan mana yang baik dan buruk. Orang tua harus mengawasi dan memastikan si kecil belajar secara konsisten tentang apapun di sekitarnya. Dorong si kecil untuk melakukan apapun yang ia suka.

Selain itu, membangun ikatan positif antara orang tua dan si kecil juga diperlukan. Hal ini karena suasana belajar akan sangat berpengaruh pada proses belajar si kecil. Pastikan nutrisi-nya terpenuhi, pahami kemampuannya dan biarkan si kecil Belajar Progresif melalui aktivitasnya sehari-hari.

Memahami Konsep Belajar Progresif

Untuk memahami dan mendukung konsep belajar si kecil yang progresif, berikut ini tips untuk orang tua, antara lain:

  1. Nutrisi untuk Proses Belajar yang Progresif

Dukungan pertama yang harus dilakukan orang tua untuk membantu proses belajar si kecil yang progresif adalah dengan memberikan nutrisi yang baik. Salah satunya dengan memilih susu yang tepat untuk si kecil. Berikut ini kandungan nutrisi yang harus diperhatikan dalam memilih susu untuk si kecil, antara lain:

  • Sphingomyelin dan phospholipid
  • DHA
  • Omega 3 (Asam Linolenic)
  • Omega 6 (Asam Linoleate)
  • Choline
  • Zat Besi
  • Memahami Kemampuan Si Kecil

Orang tua harus mampu memahami kemampuan si kecil dan titik berat minat dan bakatnya. Hal ini perlu dilakukan sebelum mulai mengajarkan sesuatu yang baru pada si kecil. Seperti pepatah ‘Beda anak beda pintarnya’, setiap anak memiliki kebutuhan, kemampuan dan kekuatan yang berbeda-beda.

  • Membantu Belajar Secara Progresif

Setelah memahami kemampuan si kecil, barulah orang tua mulai memilih pendidikan yang sesuai untuknya. Dan juga secara konsisten mengajarkan hal-hal baru dalam aktivitas sehari-hari melalui proses yang menyenangkan.

Pastikan lingkungan atau tempat dan orang disekitarnya aman dan nyaman untuk proses belajar di kecil. Jangan mudah marah bila si kecil melakukan kesalahan. Karena belajar dari kesalahan adalah salah satu cara belajar secara progresif. Dengan begitu, anak bisa memilah mana yang baik dan buruk serta memiliki landasan dalam setiap perilakunya.

Itulah yang dapat dilakukan orang tua dalam mendukung proses belajar anak secara progresif. Bebaskan si kecil untuk berpetualang dan arahkan menjadi hal positif

Leave a Comment