Cara Mengatasi Benjolan di Belakang Telinga

benjolan di belakang telinga

Jika anda hendak mandi dan kemudian menemukan benjolan di belakang telinga, tentunya akan menjadi hal yang mengejutkan. Pasalnya, benjolan tersbut adalah sesuatu yang baru anda temukan sepanjang hidup anda. Pastinya anda akan merasa cemas terhadap benjolan tersebut, apalagi ditandai dengan adanya rasa nyeri, perih, linu dan keadaannya semakin hari semakin membesar.

Hal tersebut perlu anda curigai sebagai penyakit. Jika ada benjolan muncul secara tiba-tiba biasanya disebabkan oleh adanya infeksi virus dan bakteri, sehingga benjolan tersebut menjadi terasa nyeri dan linu. Benjolan di belakang telinga juga bisa disebabkan oleh adanya pembengkakan kelenjar getah bening yang ditandai dengan semakin membesarnya bejolan tersebut. Biasanya orang yang terkena flu atau masalah pada pernafasan akan terkena pembengkakan kelenjar getah bening.

Selain itu, jerawat juga merupakan hal yang bisa jadi sebagai penyebab adanya benjolan dibelakang telinga. Jerawat tersebut muncul karena adanya penyumbatan pori-pori oleh debu sehingaa mengakibatkan munculnya benjolan.

Lalu bagaimana cara mengatasi benjolan di belakang telinga tersebut ? Simaklah beberapa poin penting tentang cara mengatasi benjolan di belakang telinga:

  1. Kompres Dengan Air hangat

Cara pertama dalam mengatasi benjolan di belakang telinga adalah dengan mengkompres benjolan tersebut dengan air hangat. Langkahnya adalah dengan mencelupkan kain pada air hangat, kemudian tempelkan pada bagian belakang telinga tempat muncul benjolan tersebut. Hal itu akan meredakan benjolan karena sistem peredaran darah akan berjalan lancar.

  1. Memberikan Pijatan Ringan

Sebuah pijatan ringan akan membuat benjolan di belakang telinga menjadi reda dan menhilangkan rasa nyeri. Namun anda juga jangan sampai memijatnya terlalu keras karena akan mengakibatkan rasa nyeri yang luar biasa.

  1. Memberikan Air Garam

Jika benjolan di belakang telinga tersebut disebabkan oleh adanya pembengkakan kelenjar getah bening, maka anda bisa menggunakan air garam sebagai media penyembuhannya. Sediakan 1 sendok teh garam, kemudian campurlah dengan air hangat, lalu berkumurlah sebanyak 3 atau 4 kali agar benjolan ini bisa cepat reda dan keadaan kembali normal seperti semula.

Itulah cara mengatasi benjolan di belakang telinga yang bisa anda lakukan dirumah. Jika dengan cara tersebut benjolan masih ada, maka sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih ahli.

Leave a Comment