Ciri – Ciri Hamil Yang Kurang Umum

Ciri hamil muda

Salah satu cara untuk memastikan kehamilan adalah dengan melakukan tes kehamilan. Namun, ada cara lainnya untuk mengetahui kondisi tersebut, yakni dengan mengenali ciri-ciri hamil. Pada trimester pertama kehamilan, akan terjadi perubahan hormon secara signifikan dan bisa menimbulkan sejumlah gejala.

Mungkin kebanyakan orang telah mengetahui beberapa ciri awal kehamilan yang paling umum terjadi, seperti telat haid, dan mual yang disertai muntah (morning sickness). Namun, ada juga beberapa ciri kehamilan lainnya yang tidak semua orang tahu dan akan mengalami semuanya. Kondisi ini bisa disebut juga sebagai ciri-ciri hamil yang kurang umum. Lalu apa saja ciri-ciri hamil tersebut? Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasannya berikut ini.

  • Mimisan

Ciri-ciri hamil kurang umum yang pertama adalah mimisan. Dimana, mimisan ini bisa saja terjadi pada wanita hamil karena adanya perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh. Timbulnya mimisan pada wanita hamil ini jarang menimbulkan masalah yang serius, dan mudah ditangani di rumah.

  • Mood Swing

Ciri-ciri kehamilan yang kurang umum berikutnya adalah mood swing atau sering mengalami perubahan suasana hati. Mood swing ini biasanya lebih sering terjadi pada wanita yang baru pertama hamil. Kondisi ini terjadi akibat dari perubahan hormon dalam beberapa minggu pertama kehamilan. Sehingga tidak aneh kalau wanita yang sedang hamil mungkin akan lebih emosional dibandingkan biasanya atau sebelum hamil. 

  • Sakit Kepala

Mungkin wanita yang sedang hamil akan mengalami sakit kepala yang disebabkan oleh peningkatan kadar estrogen dalam tubuh. Selain itu, kelelahan atau stres juga bisa menjadi penyebab timbulnya sakit kepala ini. 

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum meminum obat apapun saat hamil, termasuk penghilang rasa sakit yang banyak dijual secara bebas. 

  • Pusing

Perlu diketahui bahwa tekanan darah dapat turun selama awal kehamilan karena pembuluh darah melebar untuk mengirim lebih banyak darah ke rahim. Timbulnya pusing ini bisa menjadi gejala darah rendah pada wanita hamil yang mungkin bisa disebabkan karena kelelahan, stres dan kadar gula darah rendah. Untuk mengatasi hal ini, anda makan dalam porsi kecil, teratur dan berusaha untuk mengendalikan stres. 

  • Jerawat

Jerawat bisa timbul pada wanita yang sedang hamil, terutama di usia awal kehamilan. Wanita yang sudah berjerawat biasanya akan semakin parah selama kehamilan. Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa melakukan beberapa langkah ini :

  1. Cuci muka dua kali sehari dengan menggunakan pembersih ringan dan air hangat
  2. Tidak memencet luka jerawat untuk mengurangi kemungkinan bekas lukas
  3. Memilih kosmetik bebas minyak
  4. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum menggunakan produk apapun guna memastikan bahwa obat yang digunakan tersebut aman digunakan selama kehamilan
  • Timbul Rasa Aneh Di Mulut

Ciri kehamilan yang kurang umum lainnya adalah timbulnya rasa aneh di mulut. Dalam hal ini, para ahli meyakini bahwa perubahan hormon bisa menyebabkan kondisi yang disebut dysgeusia pada beberapa wanita hamil. 

Kondisi ini membuat wanita hamil merasakan ada rasa aneh di mulut, seperti merasakan adanya air liur yang banyak atau kandungan logam. Walaupun kondisi ini sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman, namun tidak menimbulkan sesuatu yang membahayakan. 

Itulah ciri-ciri kehamilan yang kurang umum yang harus diketahui. Semoga ada guna dan manfaatnya.

Leave a Comment