Ekonomi Makro : Pengertian, Tujuan, Dan Bentuk Kebijakannya

Kamu mungkin pernah kan mendengar istilah ekonomi makro? Apa itu? Dan apa tujuannya?

Ekonomi makro merupakan salah satu pengetahuan di bidang ekonomi yang mempelajari sejumlah unsur seperti tenaga, alam, serta modal dan tindakan ekonomi oleh perusahaan maupun individu. Bidang penelitian dalam ekonomi makro memang agak luas, namun terdapat dua bidang penelitian spesifik yang mewakilinya yaitu :

  • Faktor – faktor yang menentukan pertumbuhan ekonomi jangka panjang atau peningkatan pendapatan nasional.
  • Faktor – faktor yang melibatkan sebab akibat fluktuasi jangka pendek dalam pendapatan serta lapangan kerja nasional, yang juga dikenal dengan istilah siklus bisnis.

Informasi selengkapnya, berikut penjelasan mengenai apa itu ekonomi makro beserta tujuan dan bentuk kebijakannya :

  • Apa Itu Ekonomi Makro?

Ekonomi makro adalah pengetahuan yang mempelajari seluruh sistem pasar dalam skala besar. Beberapa contoh fenomena ekonomi makro yang pernah terjadi antara lain inflasi, tingkat harga, pertumbuhan ekonomi, pendapatan nasional, Produk Domestik Bruto (PDB), serta fenomena pengangguran.

Selain itu, ekonomi makro pun berkaitan erat dengan kinerja, struktur, serta behaviour ekonomi. Hal itu jelas berbeda dengan ekonomi mikro yang lebih fokus pada keputusan yang dibuat oleh para pelaku politik seperti masyarakat, industri, dan juga perusahaan.

  • Tujuan Ekonomi Makro

Adapun tujuan dari adanya kebijakan ekonomi makro adalah sebagai berikut :

  • Untuk Mewujudkan Pertumbuhan Ekonomi

Kebijakan ekonomi makro dirancang untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang pesat. Hal itu mampu meningkatkan pendapatan nasional dan kegiatan ekonomi juga akan dapat bertahan dalam jangka panjang.

  • Untuk Meningkatkan Pendapatan Nasional

Meningkatnya pendapatan nasional merupakan pertanda bahwa suatu negara sedang mengalami peningkatan dalam kegiatan produksinya. Hal itu tentunya akan mempengaruhi pendapatan per kapita serta kesejahteraan negara tersebut.

  • Agar Kondisi Ekonomi Stabil

Tujuan adanya kebijakan ekonomi makro selanjutnya adalah untuk menstabilkan kondisi ekonomi negara. Perekonomian suatu negara terbilang stabil jika mampu mencapai keseimbangan antara permintaan persediaan barang dan neraca pembayaran.

  • Agar Distribusi Pendapatan Merata

Sebuah negara yang mengalami distribusi pendapatan merata, maka negara tersebut berkemampuan untuk mensejahterakan dan memakmurkan penduduknya. 

  • Untuk Mengembangkan Produksi Nasional

Mengembangkan kapasitas produksi nasional mampu meningkatkan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi negara.

  • Untuk Memastikan Neraca Pembayaran Seimbang

Tujuan dari adanya kebijakan ekonomi makro selanjutnya adalah untuk memastikan dan membuat neraca pembayaran seimbang agar terhindar dari defisit serta meningkatkan devisa melalui kegiatan ekspor.

  • Untuk Membuka Kesempatan Kerja

Selain akan mempengaruhi kapasitas produksi, produktivitas nasional juga turut membuka kesempatan kerja yang lebih luas.

  • Untuk Mengendalikan Inflasi

Tujuan terakhir dari analisis ekonomi makro adalah untuk mengendalikan inflasi, yakni dengan cara menekan harga seminimal mungkin melalui sejumlah kebijakan antara lain politik diskonto cah ratio politik dan pasar terbuka.

  • Kebijakan Ekonomi Makro

Ada dua kebijakan dalam ekonomi makro, yaitu :

  • Kebijakan Fiskal

Kebijakan fiskal berkaitan dengan semua penerimaan serta pengeluaran pemerintah yang bertanggung jawab atas ketersediaan semua barang dan jasa kebutuhan masyarakat melalui program pembangunan, administrasi, serta kesejahteraan.

  • Kebijakan Moneter

Sementara kebijakan moneter dirancang dengan tujuan yang beragam, seperti salah satunya untuk menjaga harga agar tetap stabil dengan tingkat inflasi rendah. Tujuan dilakukan hal itu agar pertumbuhan ekonomi cepat.

Kedua kebijakan tersebut diciptakan untuk mengendalikan fluktuasi perekonomian terutama dalam hal pertumbuhan ekonomi, pengangguran, serta inflasi.

Leave a Comment