Kota Tua sebagai Pilihan Liburan Murah di Jakarta

Kota Tua (Kotu) adalah salah satu tempat wisata yang kaya akan budaya Indonesia. Selain sebagai tempat bermain, tempat ini juga bisa digunakan sebagai tempat untuk belajar tentang sejarah dan budaya di Indonesia. Walaupun berada di tengah kota metropolitan, Kota Tua masih kental akan nuansa Jakarta tempo dulu, karena desain bangunan disana masih setia dengan desain-desain bangunan zaman dulu.

Tempat wisata ini selalu dipadati oleh banyak warga karena tempat ini dapat dijadikan sebagai pilihan paket liburan murah ke jakarta bagi warga sekitar. Pengunjung di tempat wisata ini juga bukan hanya wisatawan lokal, adapula wisatawan mancanegara yang memilih Kota Tua sebagai pilihan paket liburan murah di Indonesia.

Terdapat banyak destinasi menarik yang dapat Anda kunjungi di tempat wisata Kota Tua yang tentu saja tempat-tempat tersebut tidak luput dari sejarah. Dengan berkunjung ke Kota Tua Anda dapat menambah pengetahuan Anda tentang budaya dan sejarah Indonesia, khususnya Jakarta.

Berikut adalah beberapa tempat yang harus Anda singgahi ketika berwisata di Kota Tua, meliputi:

  1. Museum Fatahillah

Museum ini merupakan museum favorit dikalangan wisatawan, karena mereka selalu menyempatkan diri untuk berkunjung ke museum ini setiap kali mereka berkunjung ke Kota Tua.

Setelah masa penjajahan usai, di tahun 1968 gedung ini resmi diserahkan kepada Pemda DKI Jakarta. Kemudian gedung ini diresmikan sebagai Museum Sejarah Indonesia pada tahun 1974 oleh Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin.

Museum yang terletak di jl. Fathahillah ini menyimpan sekitar 23.500 koleksi benda bersejarah baik asli maupun replikanya. Di museum ini Anda bisa melihat beberapa benda peninggalan bersejarah dari masa Tarumanegara dan Pajajara, furnitru-furnit antik, koleksi keramik, hasil penggalian arkeolog di Jakarta, gerabah, prasasti, dan lain sebagainya. Selain itu, di museum ini juga terdapat penjara bawah tanah yang merupakan saksi bisu penderitaan tawanan penjajah.

  1. Museum Bank Indonesia

Saat Anda berkunjung ke museum ini, Anda akan mendapat banyak pengetahuan mengenai sejarah terbentuknya bank sentral di negara kita.

Ketika Anda memasuki bagian lobi museum, Anda akan melihat sebuah kaca patri yang terlihat sangat indah yang akan membuat Anda terkagum. Selain itu di bagian dalamnya juga terdapat 324 kaca kaca patri lainnya yang merupakan hasil karya dari Atelier Jan Schouten, Delft, Belanda pada periode 1922-1935.

Selain itu terdapat pula lukisan seorang wanita dengan lambang kota Batavia dan Surabaya dan masih banyak lukisan menarik yang unik dan antik lainnya.

  1. Pelabuhan Sunda Kelapa

Keberadaan pelabuhan ini adalah salah satu sejarah penting bagi Jakarta, karena di tempat inilah Jakarta mulai dikenal luas oleh dunia karena banyak orang asing yang datang ke Indonesia melalui Pelabuhan Sunda Kelapa. Mereka dari jauh datang ke Indonesia untuk menukarkan barang dagangan mereka dengan rempah-rempah khas Indonesia.

Sekarang aktivitas di pelabuhan memanglah tak seramai seperti dahulu. Namun tempat ini masih beroperasi sebagai dermaga trasportasi bagi jalur laut. Disana juga terdapat banyak spot foto yang menarik bagi pengunjung. Dan juga disana banyak kapal-kapal yang merupakan hasil karya anak bangsa yang patut kita apresiasi.

  1. Museum Seni Rupa dan Keramik

Saat Anda berkunjung ke Museum Seni Rupa dan Keramik, akan ada beberapa fasilitas yang akan Anda temukan, seperti: ruang serbaguna, workshop menulis, dan workshop keramik.

Selain itu museum ini juga merupakan tempat yang dijadikan sebagai sarana untuk memamerkan hasil karya dari para seniman Indonesia sejak tahun 1800 sampai dengan sekarang.

  1. Toko Merah

Ketika Anda berkunjung ke kawasan Kota Tua, Anda akan menemukan bangunan unik berwarna merah yang merupakan salah satu cagar budaya yang terletak di sekitar Jl. Kali Besar. Bangunan tersebut sekarang dikenal dengan sebutan toko merah. Dahulu bangunan tersebut merupakan sebuah toko yang dimiliki oleh warga dari negara Tionghoa.

Bangunan yang pada masa pendudukan Jepang dijadikan sebagai Gedung Dinas Kesehatan Tentara Jepang itu sekarang difungsikan sebagai gedung serba guna yang dapat dijadikan sebagai tempat konferensi atau pameran.

Demikian beberapa tempat menarik yang Anda harus kunjungi ketika Anda berkunjung di Kota Tua. Saat berkunjung di tempat ini tentu saja Anda tidak akan mendapatkan pemandangan berupa laut biru dan pemandagan alam yang indah, seperti ketika Anda paket liburan murah ke Pulau Seribu. Tetapi akan banyak pengetahuan tentang sejarah dan budaya Indonesui yang dapat Anda ketahui ketikan Anda memilih untuk berwisata di Kota Tua.

Leave a Comment