4 Cara Mengeluarkan Dahak Bayi Secara Alami

10 Cara Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan dengan Ampuh

            Dahak merupakan lendir yang berada di tenggorokan, biasanya disebabkan oleh batuk dan memiliki fungsi untuk melindungi saluran pernapasan dari infeksi. Bayi yang sedang terkena batuk akan menimbulkan dahak di tenggorokannya. Hal ini dapat menganggu bayi saat sedang makan, minum ASI, atau bahkan saat sedang bernapas.

            Kondisi ini dapat membuat bayi menjadi tidak nyaman dan bayi akan cenderung lebih rewel. Dalam mengatasi kondisi ini, orang tua dapat membawa bayi ke dokter untuk ditangani lebih cepat.

            Selain membawa ke dokter, orang tua dapat merawat dan mengeluarkan dahak pada bayi di rumah dengan cara yang alami dan tidak berbahaya. Berikut ini terdapat 4 cara mengeluarkan dahak pada bayi secara alami.

  • Menghirup Uap dari Air Panas

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengeluarkan dahak bayi secara alami yaitu menggunakan uap dari air panas. Cara ini sangat mudah untuk dilakukan di rumah, Anda hanya perlu mempersiapkan air hangat di sebuah wadah, lalu teteskan minyak kayu putih.

Setelah itu, Anda dapat menggendong bayi ke dekat wadah yang berisi air hangat dengan campuran minyak kayu putih tersebut, agar bayi dapat menghirup uap tersebut.

Fungsi dari menghirup uap dari air panas yaitu untuk membantu dahak pada bayi menjadi encer dan mudah untuk dikeluarkan. Dalam melakukan cara ini, Anda harus berhati-hati agar bayi tidak terluka karena air hangat.

  • Memberikan Banyak Asupan Cairan

Mengonsumsi banyak asupan cairan tidak hanya untuk terhindari dari dehidrasi saja, tetapi dapat membantu untuk mengeluarkan dahak yang berada di tenggorokan. Anda dapat memberikan asupan cairan kepada bayi berupa ASI, sup kaldu ayam, atau air hangat.

Cara ini dinilai sangat ampuh dan efektif untuk diterapkan kepada bayi yang memiliki dahak di tenggorokan. Sup kaldu ayam dan air hangat dapat diberikan kepada bayi yang berumur 6 bulan ke atas. Sedangkan bayi berumur 6 bulan ke bawah, cukup berikan banyak ASI dan jangan berikan sup kaldu ayam.

  • Memberikan Daun Sirih Hangat

Cara selanjutnya yaitu menggunakan daun sirih hangat yang sudah dipanaskan. Jangan berikan daun sirih sebagai obat untuk dimakan, Anda hanya perlu menempelkan daun sirih hangat ke bagian badan bayi.

Anda dapat panaskan daun sirih terlebih dahulu dengan merebusnya bersama air, lalu angkat daun sirih dari air panas dan diamkan selama beberapa menit sampai daun sirih menjadi hangat. Setelah itu, Anda dapat tempelkan di dada dan punggung bayi.

Daun sirih akan memberikan kehangatan pada tubuh bayi, serta membantu dahak menjadi lebih encer. Dengan begitu, dahak akan mudah dikeluarkan melalui kotoran.

  • Gunakan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih dapat memberikan rasa hangat bagi tubuh kita. Hal ini dapat membantu dahak yang berada dalam tenggorokan bayi menjadi lebih encer dan mudah dikeluarkan. Pengobatan dengan minyak kayu putih tergolong tradisional dan masih dilakukan di beberapa negara, terutama di negara-negara Asia.

Pemakaian minyak kayu putih cukup digunakan pada kulit bayi, bukan untuk dijadikan obat minum. Minyak kayu putih dapat membuat bayi menjadi lebih tenang dan membantu mengeluarkan dahak dengan mudah.

Jika cara-cara alami diatas tidak menyembuhkan bayi, bahkan tidak mengurangi dahak pada bayi, orang tua dapat segera membawa bayi ke dokter anak agar mendapatkan pengobatan dan penanganan yang tepat.

Leave a Comment