5 Hal yang Membuat Kamu Kuat Saat Sulit

Kehidupan memang layaknya kredit cepat, sangat mudah mengajukannya tapi sulit membayarkannya. Kesulitan tersebut akan menghantui kita jika dari awal kita memang tidak memiliki rencana yang matang.

Tidak bisa dimungkiri jika kesulitan yang paling banyak dihadapi adalah soal keuangan atau finansial. Kesulitan keuangan ini sebenarnya bisa kita cegah, jika kita pandai mengaturnya. Namun, memang terkadang ada beberapa hal yang tidak dapat kita prediksi sebelumnya seperti pandemi Covid-19.

Saat pandemi terjadi, banyak sekali orang yang berada di fase sulit. Mereka kehilangan pekerjaan, kehilangan pemasukan, bahkan sebagian orang juga harus mengalami kehilangan saudara, keluarga, dan teman-temannya karena covid-19 ini.

Berikut ini ada 5 hal yang mungkin dapat membuat kamu untuk terus kuat ketika menghadapi kesulitan. 

1. Selalu Berpikir Positif

Pikiran atau mindset ini sangat memberikan pengaruh besar terhadap tindakan kita. Saat kita sedang menghadapi kesulitan, pasti sangat sulit untuk mengatur pikiran kita untuk tetap bisa berpikiran positif.

Ketika menghadapi sebuah kesulitan, cobalah untuk tenang diri sejak dan berusaha untuk berpikiran positif. Ubah cara pandang dari sudut yang lain. Setiap masalah pasti ada sisi positifnya. Pikirkan bahwa kesulitan tersebut akan mampu kita dilewati, pikiran bahwa kesulitan tersebut adalah batu loncatan agar kita bisa naik level.

Sikap ini harus terus terbawa dalam kehidupan. Misalnya cara pandang tentang kredit cepat pun jangan hanya dilihat dari sisi negatifnya saja. Tapi, dari sisi positifnya, hadirnya kredit cepat bisa membantu para pelaku usaha kecil maupun menengah.

Di masa pandemi seperti ini, hanya perusahaan kredit cepat yang tetap memberikan layanan dan pinjamannya demi membantu memulihkan perekonomian nasional. Seperti Kredivo yang tetap konsisten memberikan kemudahan untuk kebutuhan darurat maupun usaha yang bersifat lebih produktif. 

Bunganya hanya 2,6% per bulan dengan cicilan fleksibel yaitu 3 dan 6 bulan dengan biaya admin sebesar 6% yang akan dipotong dari total pinjaman hanya sekali saja di muka. Kredivo terlah terdaftar di OJK dan sehingga memberikan payung hukum yang jelas bagi calon debitur. 

2. Selalu Bersyukur

Ketika kita sedang senang, terkadang kita lupa untuk bersyukur dan saat kita mengalami kesulitan, inilah saatnya dimana kita belajar untuk bersyukur. Ketika kita sedang susah, ada banyak sekali hal yang bisa kita syukuri. Hal kecil seperti kita masih bisa bangun di pagi hari bisa menjadi berkat yang luar biasa.

Dengan mensyukuri hal-hal kecil seperti itu, tentu akan membuat kita menjadi lebih kuat dan menjadi lebih bahagia ketika tengah menghadapi kesulitan. Selain itu, akan membantu kita menjadi lebih dekat dengan sang Maha Pencipta.

3. Tetap Percaya diri

Percaya diri menjadi salah satu hal yang tentunya dapat membantu kita ketika tengah kesulitan. Dengan menaruh kepercayaan yang tinggi terhadap diri sendiri, percaya bahwa kita mampu menghadapi kesulitan tersebut, akan membuat kita menjadi semakin semangat.

Setiap manusia memiliki kelebihannya masing-masing, dan Tuhan tentu tidak akan memberikan cobaan kepada makhlukNya, jika dia tidak bisa menyelesaikannya. Jadi cobalah menaruh kepercayaan kepada diri sendiri.

4. Membantu sesama

Ketika kita sedang dalam kesulitan, pasti tidak pernah terpikirkan untuk kita dapat membantu orang lain. Namun, percaya atau tidak, ketika kita dapat membantu orang lain, maka kita akan merasa lebih kuat. Selain itu, dapat mempererat tali persaudaran.

Kita juga tidak tahu dari pintu yang mana, atau dari orang yang mana nantinya yang akan membantu kita keluar dari kesulitan ini. Maka selagi mampu untuk membantu atau menolong orang lain, meskipun kita sedang kesulitan, maka bantulah.

Membantu disini tidak hanya dari segi keuangan saja, tetapi juga bisa melalui makanan, tenaga, ataupun hal lain sebagainya.

5. Tidak Putus Doa 

Ketika kita sudah berusaha dengan begitu keras, namun ternyata tak kunjung ada kemudahan, maka berdoalah. Berdoa dan terus berusaha, yakin dan percaya bahwa semua kesulitan ini datang dari Tuhan dan akan selesai atas bantuanNya.

Sebuah doa akan memberikan kita kekuatan secara spiritual. Dengan berdoa akan memberikan kita harapan dan menjauhkan kita dari rasa putus asa. Kita percaya bahwa tidak ada yang tidak mungkin jika Tuhan sudah berkehendak.

Itu tadi 5 hal yang dapat membuat kamu tetap kuat ketika tengah menghadapi kesulitan. Selalu ingat bahwa sesudah kesusahan pasti akan ada kemudahan. Kita tidak mungkin selalu hidup dalam kesulitan.

Leave a Comment