Bantu Anak Belajar Mandiri dengan Cara yang Sederhana

Harapan banyak orang tua di dunia salah satunya adalah memiliki anak yang mandiri. Mungkin ini juga harapan bunda pada si kecil. Membiasakan anak belajar mandiri sejak dini justru bagus untuk pertumbuhan sang anak nantinya. Ada banyak hal positif yang bisa kita dapatkan dengan membantu anak hingga ia bisa mandiri.

Kemandirian pada anak maksudnya adalah ia memiliki kemampuan untuk mengerjakan segala sesuatu sendiri. Terutama hal-hal yang berhubungan dengan kebutuhan pribadinya. Mengajari anak untuk mandiri juga akan membuatnya tidak terlalu bergantung pada orang lain, apalagi pada orang tuanya.

Membantu Anak Belajar Mandiri

Orang tua sangat berperan penting dalam membantu anak belajar mandiri, sebab orang tua yang selalu ada untuk mereka dan memiliki lebih banyak waktu bersama. Bunda juga bisa mulai meluangkan waktu dengan si kecil untuk mengajarinya mandiri dengan hal-hal sederhana berikut ini.

Mandi Sendiri

Menurut seorang ahli pendidikan usia dini, Dr. Montessori, anak bisa diberikan tanggung jawab untuk mandiri sejak usia 2 tahun. Bunda bisa membantu si kecil untuk membiasakannya mandi sendiri setelah sebelumnya diajarkan cara menggosok gigi, bagaimana menggunakan sabun, dan lain-lain. Hingga ia secara perlahan bisa melakukannya sendiri tanpa perlu lagi ditemani atau diawasi.

Memilih dan Memakai Baju sendiri

Memberikan anak kebebasan memilih juga salah satu cara yang bisa bunda lakukan agar anak belajar mandiri. Dimulai dengan membebaskannya memilih pakaian yang ia suka. Bunda juga bisa melatih si kecil untuk memakai baju sendiri sambil mengamati semua yang dilakukannya. Berikan arahan yang mudah dipahami jika apa yang dilakukannya masih ada yang salah.

Merapikan Mainan

Bunda tidak harus mengeluh apalagi marah pada si kecil jika mainannya membuat rumah terlihat berantakan. Bunda bisa mengajak si kecil untuk sama-sama membereskan mainan tersebut dan melatih sang buah hati untuk bisa mengemaskan dan menyimpan mainannya sendiri.

Kebiasaan kecil akan membuat anak lebih mudah untuk melakukannya. Bunda hanya perlu mendampinginya dengan sabar sampai ia bisa melakukan semuanya sendiri. Proses untuk anak belajar mandiri dimulai pada usia 2 tahun hingga ia berusia 12 tahun ke atas. Jadi, persiapkan semua dari sekarang.

Leave a Comment